Sabtu, 26 September 2020

Silabus dan Rencana Perkuliahan Semester (RPS) Statistik I

 

 

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Jl. Sekip Simp.Sikambing, Medan Petisah,

Kota Medan, Sumatera Utara 20118

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

Jenis Dokumen:

 

 

FORMULIR MUTU

Disusun Oleh:

Disetujui Oleh:

Kordinator

 

 

 

(ANTONIUS KAP SIMBOLON, S.Pd., M.Pd)

Ketua Program Studi

 

 

 

(NAMIRA UFRIDA RAHMI, S.E.,M.Si)

 

Tanggal:

Tanggal:

Program Studi:

[AKUNTANSI]

Kode:

[MKK040120]

Nama Matakuliah:

[STATISTIK I]

SKS:

[3 SKS]

Dosen Pengampu:

[ANTONIUS KAP SIMBOLON, S.Pd., M.Pd]

 

Capaian Pembelajaran Lulusan yang dibebankan kepada mata kuliah

CPL

Kode CPL

 

Sikap

S01

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

S09

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandir;

Pengetahuan

P11

Mampu memahami konsep dan metode statistik untuk menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bisnis serta sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan manajemen secara rasional dan mengutamakan objektivitas data (jujur).

Keterampilan Umum

KU04

Mahasiswa mampu menggunakan metode statistika yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan bisnis dan penelitian manajemen secara rasional dan objektif

Keterampilan Khusus

KK07

Mahasiswa mampu melakukan analisis permasalahan dan penelitian bisnis menggunakan program statistik yang mengutamakan objektivitas data.

Deskripsi Matakuliah

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat untuk mengambil mata kuliah statistik II.  Setelah menempuh mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat mengolah dan menganalisis data dalam suatu penelitian. Mata kuliah statistic I akan membahas mengenai statistik Deskriptif yang memuat pokok bahasan tentang : Pengantar Stastistika, Nilai Rata-rata, Media , Modus, Kuartil, Persentil, Variani, dan Simpangan Baku.

Prasyarat Matakuliah

-

Sumber Belajar (Refrensi)

  1. Algifari.(1994). Statistik Ekonomi: Teori, Kasus dam Solusi. Yogyakarta: Bagian Penerbit STIE YKPN.
  2. Arief, F.(2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Edward, A.L. (1984). An Introduction to Linier Regression and Correlation. 2nd ed. New York: W.H.Freeman and Company.
  4. Farhan, Q.(2008). Metode Statistika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  5. Gall, A.G., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2003). Educational Reserach: An Introduction. New York: Pearson Education.
  6. Gunardi.(1999). Diktat Kuliah Metode Statistik. FMIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  7. Murwani, S.(2001). Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Malang: Universitas Negeri Malang.
  8. Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
  9. Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

Pertemuan Ke

Sesi

 

Kemampuan Akhir yang diharapkan

(SUB CPMK)

Indikator capaian

Bahan Kajian

Metode Pembelajaran dan Pengalaman Belajar

Alokasi Waktu

Evaluasi / Penilaian

Sumber Belajar

T

P

I/K

Jenis

Kriteria

Bobot

(1)

(2)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

 

(8)

(9)

(10)

(11)

-

-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

1

Mahasiswa mengetahui

proses pembelajaran

Mahasiswa mampu

Mengetahui materi statisti I

Pengenalan Silabus

Pembuatan Kontrak

Belajar

Daring menggunakan SPADA dan zoom

1 x 50 menit

 

 

 

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

2

 

2

Mahasiswa mengetahui

cakupan materi

statistika

Mahasiswa mampu

mengingat kembali

konsep dasar statistik

Flashback Dasar Statistika

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

3

 

3

Mahasiswa mengetahui cara menyajikan data dalam bentuk table, diagram/grafik

Mahasiswa mampu menyajikan data dalam bentuk table, diagram/grafik

Penyajian data

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

4

 

 

 

 

 

4

Mahasiswa mengetahui cara mengelompokkan data kedalam beberapa kelompok (kelas)

Mahasiswa mampu mengetahui distribusi frekuensi gejala dalam satu variabel. Untuk mempermudah memahami karakteristik suatu data observasi, data tersebut

dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok (kelas) yang mana masing-masing

kelas menampung sebagian data observasi.

Tabel distribusi frekuensi

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

5

 

 

 

5

Mahasiswa mengetahui cara mengunakan  statistik tabulasi silang  untuk mengetahui distribusi frekuensi gejala dalam suatu variabel apabila variabel tersebut dihubungkan dengan variabel yang lain.

Mahasiswa mampu mengetahui distribusi frekuensi gejala dalam suatu variabel apabila variabel tersebut dihubungkan dengan variabel yang lain.

Statistik tabulasi silang

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

6

 

 

6

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus Mean dan median pada data tunggal dan data kelompok

Mahasiswa mampu mengetahui rumus Mean dan median (data tunggal dan data kelompok)

Mean dan median (data tunggal dan data kelompok)

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

7

 

 

7

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus modus pada data tunggal dan data kelompok

Mahasiswa mampu mengetahui rumus Modus (data tunggal dan data kelompok)

Modus (data tunggl dan data kelompok)

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

8

8

Ujian Tengah Semester

 

 

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

 

 

 

 

9

 

9

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus Quartil pada data tunggal dan data kelompok

Mahasiswa mampu mengetahui rumus Quartil (data tunggal dan data kelompok)

Quartil  (data tunggal dan data kelompok)

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

10

 

10

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus desil dan persentil pada data tunggal dan data kelompok

Mahasiswa mampu mengetahui rumus desil dan persentil (data tunggal dan data kelompok)

Desil dan persentil (data tunggal dan data kelompok)

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

11

  

11

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus Deviasi rata-rata dari data yang belum dikelompokkan dan  Deviasi rata-rata dari data yang telah dikelompokkan

Mahasiswa mampu mengetahui rumus Deviasi rata-rata dari data yang belum dikelompokkan dan  Deviasi rata-rata dari data yang telah dikelompokkan

Deviasi rata-rata dari data yang belum dikelompokkan dan  Deviasi rata-rata dari data yang telah dikelompokkan

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

12

12

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus Varians dan deviasi standar dari data yang belum dikelompokkan

Mahasiswa mampu mengetahui Varians dan deviasi standar dari data yang belum dikelompokkan

Varians dan deviasi standar dari data yang belum dikelompokkan

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

13

 

 

13

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus  Variansdan deviasi standar dari data yang telah  dikelompokkan

Mahasiswa mampu mengetahui Varians dan deviasi standar dari data yang telah dikelompokkan

Variansdan deviasi standar dari data yang telah dikelompokkan

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

14

 

14

Mahasiswa mengetahui cara menggunakan rumus  Variansi dan deviasi standar dengan cara transformasi

Mahasiswa mampu mengetahui Variansi dan deviasi standar dengan cara transformasi

Variansi dan deviasi standar dengan cara transformasi

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

15

 

15

Mahasiswa memahami seluruh materi yang diajarkan

Mahasiswa mampu

mendalami kembali

materi statistic I yang telah diajarkan

Flashback materi statistic I yang telah dipelajari dalam satu semester

Daring menggunakan SPADA dan zoom

1 x 50 menit

 

 

latihan

 

 

Wirawan, N. (2016). Cara Mudah Memahami STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS. Denpasar Bali: Keraras Emas

16

16

Ujian Akhir Semester

 

 

Daring menggunakan SPADA

1 x 50 menit

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Statistik dan Statistika

  A.     Pengertian Statistik             Kata statistik bukan merupakan kata dari bahasa Indonesia asli, secara etimologis kata "sta...